Dec 8, 2012

Teknik Kebutuhan Perangkat Lunak

Teknik Kebutuhan Perangkat Lunak (Requirements Engineering) atau sering juga disebut analisis kebutuhan perangkat lunak (Bahasa Inggris: requirements analysis)
mencakup kegiatan dalam menentukan kebutuhan-kebutuhan atau kondisi yang harus dipenuhi untuk suatu produk baru atau yang akan diganti, dengan mempertimbangkan kemungkinan terjadinya konflik kebutuhan dari berbagai macam stakeholder.

Analisis kebutuhan mempunyai peran penting dalam kesuksesan suatu proyek perangkat lunak. Kebutuhan harus terdokumentasi, dapat ditindaklanjuti (actionable), dapat diukur (measureable), dapat diuji, memiliki kaitan dengan kebutuhan dan peluang bisnis serta memiliki tingkat rincian yang cukup untuk perancangan sistem. Kebutuhan perangkat lunak dapat berupa kebutuhan fungsional dan non-fungsional.

Teknik kebutuhan perangkat lunak meliputi 3 buah tahap, yakni, elicitation (elisitasi), specification (spesifikasi) dan validation (validasi).

Elicitation (elisitasi): Bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai problem domain, kesulitan-kesulitan klien dan user, serta apa yang ingin
dilakukan sistem untuk mereka.

Specification (spesifikasi): Informasi dari proses elicitation dianalisa dan direkam menggunakan teknik modeling dramatis dan tekstual untuk menunjukkan masalah dan
solusi yang diajukan.

Validation (validasi): Memeriksa kebutuhan yang telah direkam apakah telah berkaitan dengan tujuan stakeholder terhadap sistem.

Nov 29, 2012

Genuine

Genuine adalah instalasi software asli dari PC atau laptop, baik yang dimiliki oleh individual ataupun perusahaan. 

Software Licensing

 Tampilan Software Licensing pada sistem operasi Win 7 Professional.

Product ID

Tampilan Product ID pada sistem operasi Win 7 Professional.

Windows Activation

Tampilan Windows Activation pada sistem operasi Win 7 Professional. 

Nov 28, 2012

Contoh Surat Pengaduan

 
Berikut salah satu contoh kasus penipuan melalui sms yang dikirim dari salah satu jasa layanan komunikasi seluler dengan meng-atasnama-kan undian berhadiah dari salah satu stasiun televisi swasta lokal.

Kasus ini terjadi bulan Agustus 2012 yang dialami oleh penulis blog sendiri dan sampai saat ini
tidak mendapatkan penyelesaian secara formal melalui jalur hukum yang jelas dan berlaku oleh pihak-pihak yang terkait.




  



Sekilas Tentang Hak Cipta

Perlindungan Hak Cipta dalam Era Digital adalah menyediakan Hak Cipta yang akan digunakan oleh publik agar dapat menyelesaikan konflik hukum hak cipta di era digital. Seorang pencipta yang bersedia untuk melepaskan pekerjaannya di bawah lisensi Creative Commons.

Jika dia memilih untuk lisensi bekerja di bawah lisensi CC atribusi, misalnya ia mempertahankan hak cipta tapi memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya tanpa izin dan tanpa pembayaran dengan meng-atasnama-kan kreditnya untuk penciptaan yang asli.

Dalam beberapa tahun terakhir, perlindungan Intellectual Property (IP) telah menjadi terkenal. Teknologi baru ini telah meningkatkan pentingnya kekayaan intelektual. Dan baru-baru ini mungkin teknologi di bidang Paten, Merek Dagang, Hak Cipta dan lain-lain. Ketika kita berbicara tentang perlindungan hak cipta itu datang dalam pikiran kita bahwa secara umum diberikan kepada sastra asli, musik, drama atau karya artistik lainnya.

Namun perkembangan teknologi telah menimbulkan konsep baru seperti program komputer, database komputer, layout komputer, berbagai pekerjaan pada web dan lain-lain sehingga sangat perlu untuk tahu lebih banyak tentang hak cipta yang berkaitan dengan komputer program/software, database komputer dan berbagai pekerjaan dalam ruang cyber.

Hak cipta isu merupakan kunci dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di era digital. Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pekerjaan yang berkaitan dengan komputer dapat dilindungi di bawah hak cipta hukum.



*Sumber: Wikipedia